peluang usaha

Selasa, Desember 01, 2009

Filosofi KISS (Keep It Simple Stupid)

Dalam kehidupan sehari2, hendaknya kita mencari cara terbaik utk memecahkan setiap masalah yang terjadi. tetapi, saat menghadapi suatu masalah, kita seringkali terkecoh. walaupun masalah tersebut terpecahkan, pemecahan yang ada bukanlah suatu pemecahan yang efisien, tetapi justru semakin rumit.

mari kita coba melihatnya dalam kasus berikut ini :

1. kasus kotak sabun yang kosong terjadi di salah satu perusahaan kosmetik. keluhan dari seorang pelanggan mengatakan bahwa ia telah membeli sabun yang ternyata kosong. dengan segera, para pimpinan perusahaan menceritakan masalah tersebut ke bagian pengepakan yang bertugas memindahkan semua kotak sabun yang telah di pak ke depatermen pengiriman. tim manajemen ini meminta para teknisi utk memecahkan masalah tersebut. dengan segera para teknisi bekerja keras utk membuat mesin sinar X dgn monitor resolusi tinggi yg dioperasikan oleh 2 orang utk melihat semua kotak sabun yang melewati sinar tersebut dan memastikan bahwa kotak tersebut tidak kosong. tak diragukan lagi, mereka bekerja keras dgn cepat, dan biaya yang dikeluarkan pun tidaklah sedikit.

namun pada saat ada seorang karyawan di sebuah perusahaan kecil dihadapkan pada permasalahan yang sama, ia tidak berpikir ttg hal-hal yang rumit. ia muncul dengan solusi yang berbeda. ia membeli sebuah kipas angin listrik utk industri yang memiliki tenaga cukup besar dan mengarahkannya ke garis pengepakan. ia menyalahkan kipas angin tersebut, dan kipas tersebut akan meniup kotak sabun yang kosong keluar dari jalur pengepakan.


2. pada saat NASA mulai mengirimkan astronot ke luar angkasa mereka menemukan bahwa pulpen mereka tidak bisa berfungsi di gravitasi nol krn tinta pulpen tersebut tidak akan mengalir ke mata pena. untuk memecahkan masalah tersebut, mereka menghabiskan waktu satu dekade dan 12 juta dolar. mereka mengembangkan sebuah pulpen yang dapat berfungsi pada keadaan-keadaan seperti gravitasi nol, terbalik dalam air, dalam berbagai permukaan termasuk kristal, dan dalam derajat temperatur, mulai dari di bawah titik beku sampai lebih dari 300 derajat celcius. dan apakah yang dilakukan para orang rusia? Mereka menggunakan pensil!!

3. suatu hari, seorang pemilik apartemen menerima komplai dari pelanggannya. para pelanggan mulai merasa bahwa waktu tunggu mereka di pintu lift terasa lama seiring bertambahnya penghuni di apartemen itu. sang pemilik apartemen mengundang sejumlah pakar utk memecahkan masalah tersebut. seorang pakar menyarankan agara menambah sejumlah lift. pakar kedua meminta pemilik utk mengganti lift dengan yang lebih cepat dengan asumsi bahwa semakin cepat lift, orang yang terlayani akan banyak. kedua saran tersebut tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. namun, pakar ketiga hanya menyarankan satu hal bahwa inti dari komplain pelanggan adalah mereka merasa menunggu terlalu lama. pakar tadi hanya menyarankan kepada sang pemilik apartemen utk menginvestasikan kaca cermin di depan lift, supaya perhatian para pelanggan teralihkan dari pekerjaan "menunggu" agar merasa "tidak menunggu lift". it works!!

RENUNGAN

filosofi KISS (Keep It Simple Stupid) adalah selalu mencari solusi yang sederhana, bahkan orang bodoh sekalipun dapat melakukannya. cobalah utk menyusun solusi yang paling sederhana dan memungkinkan utk memecahkan masalah yang ada. dengan demikian, kita harus belajar utk fokus pada solusi daripada fokus pada masalah. jika kita melihat pada apa yang tidak kita miliki di dalam hidup, kita tidak memiliki apa-apa. namun jika kita melihat pada apa yang ada di tangan kita, kita memiliki segalanya.

(-Hareem Musashi-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar